CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Sunday, November 30, 2008

GOUDA CHEESE

Keju Belanda Bikinan Sukabumi


Siapa pun pasti tau donk apa itu keju??? Ya, keju tuh makanan olahan dari susu yang bergizi tinggi, dan sangat popular di negeri kincir angina ( Belanda ). Salah satunya adalah jenis gouda cheese, yang kini bisa dibikin di negeri kita, tepatnya di Sukabumi, Jawa Barat.

Negeri kincir angina alias Belanda, adalah salah satu Negara penghasil keju terbesar di dunia. Di sana ada berbagai macam kaas (keju). Namun, yang terkenal adalah Goudse kaas ( Keju Gouda ), Edammer kaas ( Keju Edam ), Leidse kaas ( Keju Leiden ), dan Friesche kaas ( Keju Friesland ).
Nah, untuk bisa menikmati kelezatan keju Belanda yang gurih, kini kita tidak perlu lagi pergi jauh-jauh ke negeri asalnya. Sebab, di daerah Sukabumi, Jawa Barat, juga ada tempat pembuatan keju Belanda jenis Gouda. Di pabrik yang bernama Bukit Baros Cempaka ini, keju tersebut dibuat dengan teknik pembuatan dan resep asli dari kota Gouda Belanda.
Keju Gouda dari Sukabumi itu diberi merk “Natura”. Produknya antara lain young cheese, yaitu keju dengan masa pemeraman (pematangan) 1,5 bulan, lalu ada middle cheese, yaitu keju dengan masa pemeraman 2 bulan, dan old cheese, yaitu keju dengan masa pemeraman 4 bulan lebih. Semakin tua umur keju, ternyata semakin enak rasanya dan semakin mahal harganya. Selain itu ada juga cumin cheese, yaitu keju yang diberi campuran rempah-rempah, dan keju mozzarella yang dinamakan “Naturella”.
Bukit Baros Cempaka juga membuat produk olahan keju Gouda dalam bentuk kue-kue seperti kaastengels, nastar keju, bagelan keju, cheese steak, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apapun produknya gurih kejunya benar-benar terasa. Namun sayang, kue-kue tersebut tidak dijual bebas di pasaran. Jadi, kalau kita ingin membelinya, kita harus datang langsung ke Bukit Baros Cempaka, Sukabumi, Jawa Barat. Hhmmm…. Tentu aja di sana kita bisa berwisata sambil melihat pemerahan susu hingga pembuatan keju.


Girls Magazine

0 komentar: