CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Monday, December 1, 2008

Resep Ueeenaaak!!

Di saat kamu baru pusing dengan tugas-tugas sekolah, kamu pasti pingin cari yang mudah, enak, cepat dimasak dan mengenyangkan. Coba resep yang satu ini. Kentang panggang keju. Kentang panggang ini bisa dimakan seperti ini saja atau dikombinasikan dengan steak daging sapi, ayam, atau ikan. Mudah membuatnya, kaya vitamin, dan bahannya juga bisa didapatkan di supermarket terdekat.

Bahan:
· 4 buah kentang ukuran besar dan jenis yang cepat matang
· 5 sendok makan minyak buah zaitun (olive oil)
· Garam secukupnya· Bubuk oregano secukupnya
· Bubuk bawang secukupnya
· Margarin
· Keju

Toping tambahan:
· broccoli
· daging asap atau tuna kaleng

Saus:
· Susu ½ cangkir
· 2 sendok makan tepung terigu yang sudah diayak

Cara membuat:
Tahap I: Cuci bersih kentang-kentang tersebut; kulit tidak perlu dikupas. Kemudian tusuk kentang-kentang ini dengan garpu supaya pada proses pematangan kentang dapat matang sampai dalam. Lalu keringkan kentang dengan tissue.
Tahap II: Guling kentang-kentang tersebut dalam 5 sendok makan minyak buah zaitun yang sudah diberi garam.
Tahap III: Panaskan oven, masukkan kentang-kentang tersebut ke dalam oven selama 20 menit. Periksa kentang selama di dalam oven dengan menusuknya untuk mengetahui kentang sudah matang atau belum.
Tahap IV: Selama kamu memasak kentang dalam oven, kamu bisa mempersiapkan toping kentang tersebut. Kamu bisa merebus brokoli dengan sedikit garam, memarut keju, dan memotong daging asap dengan ukuran persegi panjang.Untuk membuat saus keju, panaskan 1 sdm minyak olive dan margarin, tuang 5 sdm air dingin, lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Jika sudah mulai mendidih masukkan susu cair, 1 sdt oregano, dan 1 ½ sdm keju parut, aduk-aduk lagi hingga mendidih dan mengental.
Tahap V: Setelah kentang setengah matang, belah menjadi dua, lalu olesi dengan margarin. Kemudian, tambah keju dan daging asap. Kamu juga bisa melakukan variasi dengan tuna. Lalu letakkan brokoli dan beri taburan keju, saus keju, bubuk bawang dan oregano di atasnya. Untuk toping kentang, kamu bisa berkreatifitas dengannya.
Tahap VI: Pangggang kentang bersama dengan toping selama 7 menit. Tunggu sampai keju meleleh. Setelah itu siap untuk dihidangkan.
Mudah bukan? Kalau tidak punya oven, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah merebus kentang dahulu, lalu dimasukkan ke dalam microwave selama 15 menit, sampai kentang kering. Setelah kentang kering, bisa dilanjutkan ke tahap ke VI. Tahap ini juga bisa dilakukan dengan microwave selama 5 menit.


HaPpY TrY It !!

0 komentar: